Blogger templates

About Me

Foto Saya
eo_ao@ymail.com
Lihat profil lengkapku
RSS
hello.... my name Velyn... this is my blog.... i hope this blog can assist you.. thank you to the your visit...

Bakteri resisten terhadap desinfektan

Sejumlah bakteri ternyata mampu bertahan hidup setelah kontak dengan desinfektan. Tidak hanya itu, mereka juga menjadi kebal terhadap antibiotic tertentu. Desinfektan kerap digunakan untuk membunuh kuman dan bakteri.
Penelitian yang dipimpin Gerrard Fleming dari Universitas Nasional Irlandia berfokus pada pseudomonas aeruginosa, bakteri penyebab sejunlah infeksi yang menyerang system kekebalan tubuh manusia. Ketika peneliti menambah jumlah desinfektan ke medium-medium laboratorium yang dipenuhi pseudomonas aeruginosa, bakteri ini mampu beradaptasi dan bertahan hidup dengan mengeluarkan agen-agen antimicrobial. Bakteri itu juga bermutasi secara genesis yang membuat mereka kebal terhadap antibiotic jenis ciprofloxacin.
“Ini berarti residu dari desinfektan yang diencerkan secara tidak benar yang teringgal dipermukaan rumah sakit dapat mendorong pertumbuhan bakteri yang kebal antibioitk,” paper Fleming. “Yang lebih mengkhawatirkan adalah bakteri-bakteri itu dapat beradaptasi melawan antibiotic, bahkanb sebelum mereka kontak dengan antibiotic tersebut. “Pemakaian antibiotic yang berlebihan merupakan factor pentingmunculnya bakteri kebal antibiotic.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar